10 Ciri-Ciri Wanita Hamil Muda

 10 Ciri-Ciri Wanita Hamil Muda

Ciri Ciri Hamil Muda

CermatPedia.com – HAMIL, merupakan sebuah tahap pasca pernikahan yang telah dinanti-nanti oleh calon orangtua. Tentunya fase ini adalah sebuah fase yang membahagiakan bagi setiap pasangan.

Namun, sudahkah Anda mengetahui apakah Anda sudah berbadan dua atau belum bulan ini? Meski dapat dicek melalui tes urin menggunakan alat tes kehamilan atau tes darah di laboratorium, Anda juga bisa mengenali ciri-ciri hamil muda melalui beberapa hal berikut ini:

#1 Perubahan pada Payudara

Jika terjadi kehamilan, maka payudara umumnya akan membesar, hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron.

Selain itu, kondisi payudara juga akan terasa makin lembut, puting susu membesar pula dan warnanya akan semakin gelap, kadang juga terasa gatal.

Pembuluh vena pada payudara juga akan terlihat akibat penegangan payudara.

#2 Mual dan Muntah-muntah (Morning Sickness)

Mayoritas ibu hamil akan mengalami tanda kehamilan ini, dimana pemicunya adalah peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) secara tiba-tiba. Rasa mual ini umumnya baru akan menghilang memasuki kehamilan trimester kedua.

Mual dan muntah ini kerap disebut morning sickness karena umum terjadi saat pagi hari. Namun dapat terjadi juga pada siang dan malam hari.

#3 Mudah Lelah dan Ngantuk

Saat sedang hamil juga biasanya Anda akan lebih cepat merasa lelah dan ngantuk. Rasa lelah dan mengantuk pada ibu hamil selain disebabkan oleh perubahan hormonal, juga akibat kinerja dari beberapa organ vital seperti ginjal, jantung, dan paru-paru, semakin bertambah.

Perut ibu yang semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan juga memberikan beban tersendiri bagi tubuh ibu.

#4 Indera Penciuman Lebih Sensitif

Saat hamil muda, biasanya indera penciuman akan menjadi lebih sensitif. Hal ini ditandai dengan mudahnya Anda mencium bau-bau tak sedap yang akan menimbulkan rasa mual. Meningkatnya kemampuan indera penciuman ini  disebabkan oleh perubahan hormon estrogen di dalam tubuh.

#5 Perubahan Mood

Pernahkah Anda melihat ibu hamil yang mudah marah atau sedih?

Ini merupakan salah satu ciri-ciri orang hamil yang disebabkan oleh peningkatan hormon tertentu dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormon ini menyebabkan mudahnya mood sang calon ibu berubah-ubah, terutama di pagi hari.

Baca Juga: Kenali Beragam Jenis Test Pack 

#6 Muncul Flek Darah yang Diikuti Kram Perut

Meski tidak terjadi pada setiap orang, biasanya flek darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi.

Bercak darah ini merupakan tanda-tanda hamil yang disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim.

Selain itu, keluarnya bercak darah biasanya diikuti oleh kram perut. Kondisi kram perut ini akan terus berlanjut sampai kehamilan trimester kedua.

#7 Sering Buang Air kecil

Saat usia kehamilan masih muda, biasanya frekuensi buang air kecil akan meningkat dari biasanya. Hal ini disebabkan janin yang tumbuh di rahim menekan kandung kemih dan akibat adanya peningkatan sirkulasi darah.

Selain itu, kandung kemih lebih cepat dipenuhi oleh urine dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering. Peningkatan rasa buang air kecil juga disebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan.

#8 Ngidam Tetapi Malas Makan

Ciri-ciri orang hamil yang berikutnya adalah sering ingin ini itu, alias ngidam, tetapi kemudian malas memakannya karena rasa mual di perut.

Makanan yang diidamkan biasanya makanan yang segar misalnya buah, rujak, bakso, dan sebagainya.

#9 Naiknya Temperatur Basal Tubuh

Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal tubuh ibu hamil akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.

#10 Sakit Punggung

Apakah punggung bawah Anda terasa kerap sedikit nyeri? Jika biasanya Anda mengalami nyeri punggung, ini bisa jadi karena ligamen Anda melemas.

Rasa nyeri ini akan terus ada sepanjang kehamilan, seiring pertambahan berat badan dan perubahan pusat gravitasi. Selain itu sering kali ini bisa mengubah postur Anda.

Admin

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *